Jumat, 14 Juli 2017

Tips Aman Berkunjung ke Ceuraceu Abdya


ceuraceu, air terjun, abdya, wisata aceh, pesona aceh, cahaya aceh, leuse
Jika anda termasuk orang yang suka berpetualang ke alam bebas, maka perlu diperhatikan kondisi wilayah setempat. Meliputi kebutuhan pokok dalam perjalanan, medan yang dilintasi, dan juga adat istiadat setempat. Lokasi wisata yang baru hits dan belum ramai dikunjungi orang, terasa akan lebih menantang untuk mencapainya.

Air terjun Ceuraceu misalnya. Air terjun yang terletak di Gampong Krueng Batee, Kecamatan Kuala Batee, Abdya ini baru dua tahun terakhir dibuka untuk umum. Objek wisata ini tergolong masih sangat alami. Belum ada sentuhan apa pun dari pihak pengelola. Emm… Jika anda berniat mengunjunginya, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut:


1. Persiapkan makanan

Di lokasi air terjun Ceuraceu belum ada pedagang. Sebaiknyan anda harus mempersiapkan bekal makanan semenjak dari rumah. Makanan ringan dan bernutrisi merupakan pilihan terbaik untuk dibawa. Anda juga bisa membawa peralatan masak untuk sekedar memanaskan air dan memasak mie instan. Selain itu, termos menjadi pilihan agar minuman anda tetap hangat.

2. Membawa kotak P3K

Kotak obat-obatan merupakan hal yang wajid anda bawa saat ke Ceuraceu. Belum ada fasilitas kesehatan disana, karena memang masih baru dibuka untuk umum. Anda dapat memberikan pertolongn pertama pada kecelakaan (P3K) apabila salah seorang ada yang kecelakaan atau sakit. Di tempat yang jauh dari keramaian seperti Ceuraceu, kotak P3K menjadi bekal utama yng wajib dibawa selain makanan.

3. Mengajak warga setempat sebagai guide

Tips aman selanjutnya yaitu mengajak warga setempat sebagai penunjuk arah saat anda mengunjungi air terjun Ceuraceu. Sulit rasanya menembus hutan belantara dan menelusuri aliran sungai jika tidak ada warga setempat. Selain belum ada jalan khusus menuju ke sana, penunjuk arah juga belum dipasang pada jalur perjalanan. Anda dapat mengenal Ceuraceu lebih dalam jika berjalan bersama warga setempat.

4. Pengaman kamera/anti air

Memotret di dekat air tentunya anda butuh keamanan untuk kamera anda. Sebelum ke Ceuraceu, sebaiknya anda persiapkan sarung kamera anti air. Jika tidak ada, maka kantong plastik menjadi pilihan artenatif. Sebaiknya anda memakai plastik bening, sehingga bisa memotret tanpa mengeluarkan dari plastik.

5. Membawa terpal/tenda

Keadaan cuaca tidak bisa diprediksi akan selalu cerah. Sebaiknya, anda membawa selembar terpal atau tenda untuk berteduh juka turun hujan. Namun jika cuaca cerah, terpal bisa anda jadikan sebagai alas tempat duduk. Yang pastinya, membawa tenda tetap menguntungkan bagi anda. :D

6. Membawa peralatan ibadah

Tidak ada fasilitas ibadah di lokasi wisata Ceuraceu. Membawa peralatan ibadah sendiri adalah pilihan terbaik. Setelah puas menikmati keindahan alam ciptaan Allah, beribadah kepadanya menjadi kewajiban yang mesti dilakukan dimanapun berada.

***
Nah, itu dia sekedar tips jika hendak berkunjung ke air terjun Ceuraceu, Abdya. Ingat, tetap menjaga kelestarian alam Ceuraceu dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, coret-moret juga norak, merusak keindahan. Jadi, ya harus ditinggalkan!

Sebaiknya Baca Juga: Ceuraceu, Air Terjun Menakjubkan di Abdya

1 komentar: