Rabu, 18 Desember 2013

Mesjid Lampuuk, Bukti Sejarah Tsunami Aceh

lampuuk, mesjid, aceh, tsunami
Mesjid Rahmatullah Lampuuk, 9 tahun pascatsunami.
Banyak bukti sejarah untuk mengingat dan mengenang tsunami Aceh 26 Desember 2004 lalu. Salah satunya yaitu mesjid Lampuuk. Mesjid ini berdiri sekitar 300 meter dari bibir pantai, tepatnya di desa Lampuuk Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Mesjid ini menjadi saksi sejarah saat bencana gempa dan tsunami menerjang Aceh 9 tahun silam.

Ketika bangunan lainnya disapu bersih oleh gelombang ganas, hanya Mesjid Rahmatullah inilah yang tersisa. Ia berdiri tegak ditengah padang, hanya beberapa bagian saja yang rusak dari bangunan rumah Allah ini.

Mesjid Lampuuk sesaat pascatsunami (http://www.ferhatt.com)

Sekarang, Mesjid Rahmatullah Lampuuk ini telah dijadikan sebagai situs sejarah tsunami Aceh. Bagian-bagian bangunan yang roboh ketika peristiwa dahsyat itu sudah diabadikan di dalam bingkai kaca yang terletak di samping shaf perempuan. Di sudut ini dapat dilihat beton-beton yang hancur akibat terjangan tsunami.

Siapa saja yang berkunjung ke Lampuuk, jangan lupa singgah di mesjid Rahmatullah ini. Dari situs sejarah ini dapat dipetik hikmah dan pelajaran yang besar. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar