Sabtu, 07 Desember 2013

Kolaborasi Saman Jazz

Saman Jazz, kedengarannya keren kan? Sebelumnya siapa yang menyangka tarian Saman bakal dikolaborasikan dengan musik Jazz. Dilihat dari latar belakangnya, kedua kesenian ini sangat jauh berbeda. Tarian saman sendiri merupakan kesenian tradisional Aceh yang telah go-Internasional. Kesenian yang berasal dari dataran tinggi Gayo ini telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Sedangkan musik Jazz sendiri merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Aliran musik ini banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi,polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.


Namun tidak menutup kemungkinan dua kesenian ini dikolaborasikan dalam satu panggung. Seperti yang dicetuskan oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Gayo Lues (Hipemagas) sekarang ini. Penampilan kolaborasi Saman Jazz ini akan tampil dalam acara pelantikan ketua dan pengurus baru Hipemagas pada 7 Desember 2013 di AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, pukul 08.00 malam.

Dalam acara spektakuler ini, akan tampil musisi Farabi All Stars, yaitu Daud Debu, Agam Hamzah, Adi Dharmawan, Geri Herb, dan Elanda Yunita. Kemudian juga dimeriahkan oleh Laskar Gayo Band dan Tari Saman Gayo Lues. Untuk memeriahkan acara ini, marilah sama-sama kita menghabiskan malam minggu bersama Saman Jazz di AAC Dayan Dawood. Mari lestarikan budaya kita.[]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar