Jumat, 13 Desember 2019

Melirik Masjid Al Mabrur Ujung Kalak

Dua kaligrafi kuning keemasan terpajang di tiang bagian mihrab Masjid al-Mabrur Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Batu alam warna krem menghiasi dinding bagian atas relief bermotif kubah. Karpet sajadah merah dan hijau dibentang di empat shaf pertama. 10 kipas angin senantiasa aktif di saat shalat jamaah berlangsung.


Masjid berwarna putih ini didesain dengan pintu terbuka lebar di sisi timur dan selatan masjid. Pancaran cahaya menerangi seluruh sisi ruangan saat siang hari. Desain terbuka ini juga memudahkan proses pertukaran udara dalam masjid.


Masjid dengan lima kubah utama ini dibangun di pinggir jalan Teuku Umar Meulaboh. Para pengunjung dengan mudah mengakses tempat mulia ini.

Sebagai sarana penunjuang, lokasi masjid juga terdapat MCK umum. Tempat wudhu dibangun sejajar pagar sebelah utara masjid.

Melirik ke halaman, tiga batang kurma menghiasi perkarangan. Pohon palem dan kupula juga ikut menjadi tempat berteduh. Aneka macam bunga ditanam rapi dipinggir pagar dekat gerbang utama.[]

1 komentar: