Jumat, 30 Juni 2017

Puncak Gemilang, Landmark Tapaktuan yang Lagi Hits


Puncak gemilang, tapaktuan, aceh selatan, lhok bengkuang, wisata aceh
Jangan ngaku anak Aceh Selatan jika belum ke tempat ini… Maka oleh karena itu saya menyempatkan untuk pertama kali meski malas untuk ber-alay-alay. Puncak Gemilang, Tapaktuan.” Begitulah caption singkat pada sebuah foto yang diunggah Hafeez di akun instagramnya.
 
Hafeez mengaku memang belum pernah mengunjungi Puncak Gemilang yang terletak di Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan ini, walaupun ia warga setempat. Begitu pun dengan kami yang datang dari Meulaboh dan Banda Aceh.

Sore Rabu (28/6/2017), saya bersama Putra, Agus, Arif, dan Murhaban mengunjungi kediaman Hafeez di Meukek, Aceh Selatan. Bukan Cuma untuk bersilaturrahmi di hari Idul Fitri, namun kedatangan kami juga mengajak Hafeez ke tempat wisata yang ada di Tapaktuan, Aceh Selatan. Setelah berembuk sejenak, kami pun menuju Kota Naga dengan menggunakan sepeda motor.

Cuaca sore itu lumayan terik, sinar mentari begitu menyengat. Jalan nasional menuju Tapaktuan juga padat. Butuh kesabaran dan ekstra hati-hati untuk kami berkendara. 

Satu jam perjalanan dari Meukek, kami tiba di Tapaktuan. Langkkah pertama kami langsung menuju Masjid Agung Istiqamah. Kami istrahat sejenak di masjid kebanggaan masyarakat Aceh Selatan ini sambil menunggu azan Ashar. Setelah salat, kami menyempatkan diri mengabadikan beberapa sudut dari keindahan masjid berwarna merah bata ini.

Baca: Pesona Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan, dengan apitan dua menara.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan mencari tulisan “Tapaktuan” yang sedang hits di media sosial. Sempat juga berputar-putar di kota Naga tersebut. Memang benar kata pepatah, “Malu bertanya sesat di jalan, akhirnya jalan-jalan.” Hehe

Setelah sedikit kebingungan mencari alamat, kami pun beranikan diri menyanyakan tempat yang bertuliskan “Tapaktuan” tersebut pada warga setempat yang baru siap belanja. Setelah dijelaskan tempat, kami pun menemukan arah yaitu di Lhok bengkuang.

Sebelum menuju lokasi wisata yang sedang nge-tren tersebut, kami singgah dulu di objek wisata Tapak Tuan Tapa yang berada di pinggir laut. Ada pamplet penunjuk arah disana. Untuk mengakses objek tersebut kami harus membayar parkir Rp.5000,- dan biaya masuk Rp.2000,-/orang. 

Dari parkiran kendaraan kami dapat menyaksikan keramaian di objek wisata ini. Pedagang terlihat begitu sibuk melayani pengunjung yang belanja. Tukang parkir pun tak kalah sibuk mengatur kerapian di tempat parkir. 

Saya sendiri sudah kali ke empat mengunjungi objek wisata ini. Karena bertepatan dengan hari libur Idul Fitri, objek wisata ini padat diserbu pengunjung. Bukan saja dari Aceh Selatan, pengunjung juga datang dari luar Aceh. Menurut wawancara singkat saya dengan beberapa pengunjung, mereka mengaku penasaran dengan wujud tapak Tuan Tapa tersebut.



Setelah menelusuri jejak kaki Tuan Tapa di kaki Gunong Lampu dan tentunya tak lupa jepret sana-sini, kami pun berangkat menuju lokasi tujuan utama, Puncak Gemilang.

Dengan mengendarai sepeda motor, kami menuju arah timur kota Tapaktuan (arah menuju Subulussalam). Butuh waktu sekitar 20 menit menuju puncak Gemilang. Kami masuk mencari tulisan “Tapaktuan” melalui lokasi wisata pemandian kolam. Jalan mendaki yang masih berdebu turut menyapa kami. Belum ada aspal sampai ke puncak Gemilang. Butuh nyali dan kehati-hatian saat mendaki.


Puncak gemilang, tapaktuan, aceh selatan, lhok bengkuang, wisata aceh

Luar biasa...! sebuah kalimat terucap dari beberapa rekan kami saat sampai di Puncak Gemilang. Dari atas bukit, kami dapat menyaksikan panorama keindahan kota Tapaktuan. Rumah penduduk dan pusat pembelanjaan tampak beraturan. Laut biru dengan ombak yang bergerak seirama menyuguhkan pemandangan yang sulit dilupakan. Angin bertiup sepoi-sepoi, membawa kenyamanan dan kedamaian dalam jiwa.

Puncak gemilang, tapaktuan, aceh selatan, lhok bengkuang, wisata aceh



Seperti biasa, kami mengabadikan foto di landmark kota Tapaktuan ini. Secara bergiliran, kami mengambil foto di depan tulisan “Tapaktuan” yang ditancap di atas puncak.  Para pengunjung yang berminat foto di area ini pun sungguh luar biasa. Mereka nampak berlomba-lomba mengambil spot foto menarik di tulisan warna biru tua itu.

Puncak gemilang, tapaktuan, aceh selatan, lhok bengkuang, wisata aceh


Puncak gemilang, tapaktuan, aceh selatan, lhok bengkuang, wisata aceh
Salah satu gedung yang dibangun di Puncak Gemilang
Ketika berada di Puncak Gemilang, saya merasa seperti menatap kota Tapaktuan dari satelit. Pemandangan mengagumkan. 

Nah, setelah mengunjungi langsung Puncak Gemilang di Lhok Bengkuang, rasa penasaran kami pun terbayar lunas. Demikian juga rasa lelah saat mendaki ke objek wisata yang lagi hits di Aceh selatan ini.[]

1 komentar: