Senin, 26 Juni 2017

Baitul Maghfirah, Masjid Kubah Besar di Samatiga

Masjid Baitul maghfirah, reusak, samatiga, meulaboh, aceh barat"Ketika hendak shalat saat melakukan perjalanan, alangkah bagusnya jika kita singgah di masjid yang belum pernah kita singgah. Karena beda masjid, beda pula keberkatannya, sebab masjid-masjid tersebut dijaga oleh malaikat yang berbeda." Jelas Agus, mengutip isi dari sebuah kitab saat kami mengunjungi kerabat di Samatiga.

Hari itu Minggu (25/6/2017), bertepatan dengan 1 Syawal 1438 hijriyah, di hari idul fitri. Saya, Agus, dan bang Ally bersilaturrahmi ke rumah kerabat di Kecamatan Samatiga. Karena waktu zuhur tiba, kami pun singgah di masjid. Agus menyarankan agar kami singgah di masjid yang belum pernah kami shalat, bang Ally pun mengamininya. Akhirnya kami sepakat shalat di masjid Gampong Reusak, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Masjid ini terletak di lintasan Meulaboh-Kuala Bhee. Dibangun dengan gaya kubah besar memayungi hampir seluruh bangunan masjid.Permukaan kubah dibuat beririsan dan beralur sebagai seni dengan paduan hijau tua. Di kaki kubah dihiasi dengan  lesplang berukiran seperti perisai, dipadukan dengan warna coklat muda.

Untuk mengakses ke dalam masjid, para jamaah bisa melalui tiga pintu utama yang terletak di sebelah kanan, kiri, dan depan masjid. Seperti di masjid-masjid pada umumnya,  dalam perkarangan Masjid Baitul Maghfirah ini juga dilengkapi toilet umum dan tempat wudhu yang memadai.

Emm... Setelah berwudhu di sebelah kanan masjid, para pengunjung bisa langsung masuk melalui pintu kanan. Kemudian langsung menuju shaf shalat, untuk menunaikan ibadah. :D

Interior masjid didesain dengan relief khas masyarakat Aceh. Ukiran kaligrafi memenuhi sekeliling dinding. Pepaduan warna merah bata, coklat tua, cream, hijau, dan biru pun terasa begitu mewah, menambah kenyamanan bagi pengunjung untuk berlama-lama dalam masjid. 

Lampu hias digantungkan di kubah besar yang memayungi seluruh lantai masjid. Sekilas pengunjung seakan-akan melihat langit langsung. Betapa tidak, para arsitek masjid ini melukis awan-awan putih pada langit biru di bawah kubah masjid. Ketika menatap ke atas, pengunjung merasakan betapa cerahnya cuaca dalam masjid, walaupun sebenarnya di luar sedang hujan lebat.

Masjid Baitul maghfirah, reusak, samatiga, meulaboh, aceh barat
Interior Masjid Baitul Maghfirah
Masjid Baitul maghfirah, reusak, samatiga, meulaboh, aceh barat
Ukiran awannya bagus ya? :D
Masjid Baitul maghfirah, reusak, samatiga, meulaboh, aceh barat
Lantainya pun luas dan bersih.
  
Nah, itu dia sekilas tentang Masjid Baitul Maghfirah Gampong Reusak, Samatiga, Aceh Barat. Dengan desain kubah besar, sekilas masjid ini seperti Masjid Tempurung di Padang Tiji, Pidie.


Setelah memunaikan ibadah zuhur dan beristirahat sejenak di masjid indah ini, kami pun kembali meneruskan perjalanan. []

1 komentar: