Sabtu, 17 Juni 2017

Membidik Indahnya Masjid Agung Meulaboh



masjid agung baitul makmur meulaboh aceh barat
Jalan-jalan ke Meulaboh Aceh Barat,  jangan lupa singgah ya di Masjid Agung Baitul Makmur. Selain tempatnya yang nyaman, fasilitas lengkap, area masjid ini juga cocok untuk mengabadikan jepretan foto terbaikmu.

Emm… Letaknya tak begitu jauh dari pusat kota. Ya sekitar 100 meter dari simpang Kisaran, atau 200 meter dari kantor Bupati Aceh Barat. Dibangun di sebidang tanah tepatnya di Jalan Imam Bonjol Gampong Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, arah menuju keBanda Aceh. 

Dilihat dari desainnya, masjid ini memiliki khas daerah Aceh yang unik dan dipadu dengan gaya arsitektur Timur Tengah dan Asia.

Kesan mewah dan mempersona mulai terasa saat kita memasuki gerbang masjid ini. Warna kuning keemasan campur merah bata dengan relif islam modern menambah kenyamanan ketika menatap bangunan suci ini.
Masjid ini dibangun diatas tanah dengan luas 5,2 hektar dan luas bangunan mencapai 3500 meter persegi. Menurut perkiraan dapat menampung hingga 7000 jamaah.


masjid agung meulaboh

masjid agung meulaboh


Nah, dengan area yang begitu luas para pengujung masjid ini takkan terasa bosan berlama-lama. Di sekeliling masjid ditanami rerumputan hijan dan bunga-bunga hias. Kemudian juga di kelilingi pepohonan cemara dan palem. Selain itu, di sisi selatan dan utara masjid ditanami kelapa sawit dengan beraturan. Tanaman ini menjadi penghasilan tambahan untuk kas masjid.

masjid agung meulaboh

masjid agung meulaboh


Ketika mengakses masjid Agung Baitul Makmur ini, pengunjung bisa memasukinya melalu tiga pintu gerbang, yaitu sisi depan, kanan, dan kiri masjid. Desain gerbang pun terlihat begitu mewah. Juga memadukan arsitek lokal dengan gaya timur tengah.

Itu dia masjid kebanggaan masyarakat Aceh Barat, mari bersama-sama kita makmurkan masjid dengan cara beribadah di dalamnya. 

masjid agung meulaboh

masjid agung meulaboh

1 komentar: