Jumat, 01 April 2011

Enam Kewajiban agar Bahagia Dunia Akhirat

ZAMAN semakin maju dengan teknologi  canggih. Banyak umat islam yang semakin berpecah-belah dan nafsi-nafsi.

Mengapa ya? Ada apa ya? Rupanya, ada satu hal yang hampir dilupakan oleh kebanyakan orang muslim. Banyak di antara kita sekarang ini lupa terhadap hak-hak kita kepada muslim lainnya. Kita telah mengabaikan pesan-pesan dari Rasulullah saw. Wahai saudaraku, bila kita ingin hidup bahagia dunia akhirat, dan pastinya hubungan kita tetap terjaga dengan baik dan tentram antara satu dengan lainnya, maka caranya sangat mudah. Kita cukup dengan mengingat kembali pesan-pesan dari Rasulullah Saw tentang hak-hak seorang muslim terhadap muslim lainnya, seperti berikut ini:

1. Berilah salam apabila berjumpa dengannya. Jangan lupa pula memberikan senyuman manismu padanya. Karena senyum itu sedekah lho, dan juga sedekah itu tidak mesti dengan harta benda.

2. Bila ia bersin dan mengucapkan “Alhamdulillah”, maka doakanlah ia dengan “Yarhamukallah”. Bila kita sering mendoakan orang lain, maka orang lain pasti akan mendoakan kita. Jadi, air susu dibalas air susu. Eh, doa dibalas doa.

3. Menjenguk ketika ia sakit. Kita tak mesti membawa beraneka buah, boneka, atau makanan-makanan kepadanya. Tapi yang penting, kita  berikan semangat kepadanya. Katakan bahwa ia pasti akan sembuh.

4. Memberi nasehat apabila ia meminta nasehatmu. Mungkin, dengan nasehat yang kita berikan akan cepat membantu menyelesaikan masalahnya.

5. Memberi pertolongan kepadanya. Berilah apa yang bisa kita berikan kepadanya. Ingat, sering menolong orang lain, pasti suatu saat orang lain yang menolong kita. Maka susu dibalas susu lagi. Hehe.

6. Bila ia meninggal dunia, maka antarlah jenazahnya sampai ke kuburan. Dengan demikian, kita akan sadar bahwa sebentar lagi kita akan menyusulnya.

Nah, inilah pesan-pesan dari Rasulullah Saw kepada kita, agar kita senantiasa tentram dan bahagia serta tetap terjaga hubungan baik dengan muslim lainnya. Mudahkan caranya? Maka bantu-bantu ya.. Mari dari sekarang kita mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga berhasil.

Dimuat di acehjurnal.com

2 komentar: