Selasa, 23 Januari 2018

Menikmati Keindahan Pantai Iboih dan Pulau Rubiah Sabang

pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
SABANG, kedengarannya memang tak asing lagi bagi masyarakat Aceh, Indonesia bahkan Internasional. Pulau kecil yang terletak paling barat Indonesia ini memiliki keindahan alam yang memukau. Diantaranya yaitu keindahan pantai Iboih dan Pulau Rubiah.

Pantai Iboih terletak sebelah barat pulau Sabang. Jalannya berliku, dengan tanjakan dan turunan yang diapit pengunungan. Dari pelabuhan Balohan, pengunjung menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Pantai Iboih. Pantai bebatuan dengan hamparan Pulau Rubiah dan Samudra Hindia.


Saat menginjakkan kaki di pantai ini, pengunjung disambut sapaan ramah warga setempat. Pengunjung akan dipandu untuk memarkirkan kendaraan dengan rapi. Selain itu, penyewaan alat selam dan jasa penyeberangan ke pulau Rubiah juga ditawarkan pada pegunjung.

Luar biasa, pemandangan alam pantai Iboih begitu indah, hamparan batu koral menghiasi bibir pantai. Hantaman ombak  memercikkan air hingga ke daratan tempat parkiran kendaraan. Boat-boat penyeberangan ditambat beraturan di bibir pantai. Sesekali terlihat, para transportir berlalu lalang di lautan berwarna hijau tosca tersebut.

pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
Boat penyeberangan
pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
Pemandangan Pulau Rubiah dari Pantai Iboih

Di seberang jalan, bangunan penginapan berdiri beraturan dengan beragam model. Corak warna-warni menambah kesan mewah dan meriah di pantai Iboih. Di sisi lain, rumah makan, warkop, dan cafe juga tersedia di objek wisata ini. Bagi pengunjung yang ingin istirahat melepaskan penat perjalanan, tempat ini bisa menjadi pilihan. 

Umumnya, bagunan di Pantai Iboih menghadap ke laut. Dengan demikian pengunjung bisa menikmati keindahan alam pantai Iboih sambil santai menikmati kuliner khas setempat.
 
Selain menghabiskan waktu di Pantai Iboih, pengunjung juga bisa menuju pulau Rubiah dengan menyewa jasa penyeberangan. Dari dermaga pantai Iboih menghabiskan waktu sekitar 10 menit untuk penyeberangan. Di sepanjang perjalanan, pengunjung juga bisa menikmati keindahan bawah laut pantai Iboih. 

pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
Dermaga Pantai Iboih

pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
Penyeberangan ke Pulau Rubiah
Menyelam merupakan pilihan favorit para wisatawan. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan karang sutra dan karang otak dari atas boat. Boat rental tersebut dilengkapi tong beralas kaca untuk melihat bawah laut. Dengan cara dicelupkan tong persegi panjang tersebut kedalam air, para pengunjung dengan jelas melihat aneka biota laut. Berbagai jenis ikan memanjakan para pengunjung. Mulai dari ukuran kecil hingga ukuran lembaran papan.

Melihat bawah laut dari atas boat memang tidak sebanding nikmatnya bila dibandingkan snorkeling. Namun dengan cara ini, rasa penasaran akan keindahan bawah laut sabang sedikitnya akan terobati. Nah, sebagai kenang-kenangan, sebaiknya panorama indah ini diabadikan dengan jepretan kamera.

pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
Situasi diatas boat penyeberangan dengan tong kaca

pantai Iboih, pulau rubiah, sabang, aceh, wisata aceh, pulau weh, beach
Panorama bibir pantai Iboih dilihat dari boat

Pantai Iboih memang memiliki keindahan alam yang begitu menggoda bagi para pengunjung. Dari atas boat, deretan bagungan villa dan bungalow terlihat indah menghiasi bibir pantai Iboih. Lanscape pengunungan yang menjulang ke laut membuat pengunjung tidak bosan-bosan menatap kebesaran Ilahi.

Setelah beberapa saat mengarungi lautan, boat yang membawa pengunjung mendarat di dermaga pulau Rubiah. Berderetan cafe mini dibangun di objek wisata ini. Selain itu, fasilitas mushalla dan balai istirahat juga dibagun di pulau dengan pasir putih ini.

Dinamakan pulau Rubiah, karena di pulau ini terdapat makam Siti Rubiah, atau dengan nama asli Ummi Sarah Rubiah. Beliau adalah istri dari seorang ulama dari Singkil yang lahir pada tahun 1732 dan wafat tahun 1779 di pulai ini. Sekarang Makam Siti Rubiah telah dipugar. Berada diantara pepohonan besar, sekitar 20 meter dari bibir pantai.

Pantai pulau Rubiah menjadi objek pemandian bagi para pengunjung, baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Untuk dapat berenang dan menyelam di pantai ini, pengunjung dapat menyewa peralatannya di Pantai Iboih, sebelum menyeberang ke Pulau Rubiah ini.[]

1 komentar: