Jumat, 27 Januari 2017

Masjid At-Taqwa Suak Nie

suak nieHayya'alash sholah... Hayya 'alash sholah...Gema azan berkumandang keras di speaker Masjid At-Taqwa Gampong Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Memang tak terasa hari begitu cepat berlalu. Malam tiba melenyapkan siang hari ini. Purnama datang menyinari bumi, menemani insan menjalani rutinitasnya bermunajat pada sang Rabb.
Masjid At-Taqwa Suak Nie dibangun pascatsunami Aceh 2004 diatas lahan waqaf. Pada mulanya, Masjid At-Taqwa dibangun oleh NGO Yayasan Syeikh Eid bin Mohammad At-Thani dari Qatar. Desain bangunan persegi empat dan atap lapis dua dengan ditambah kubah kecil. Luas lantai bangunan 6x6 meter dan ditambah tempat imam 2x2 meter.


at-taqwa

Kemudian selang beberapa tahun kemudian, Masjid At-Taqwa direkontruksi ulang. Dibangun dengan sistem gotong royong umum rutin masyarakat setempat. Sedangkan sumber dana berasal dari sumbangan para warga dan dibantu oleh Badan Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) NAD-Nias.

Bangunan baru dibangun di sebelah kiblat masjid lama -dan mempertahankan bangunan lama tersebut tetap utuh. Dengan luas lantai 12x14 meter persegi. Setiap sisi masjid dibuat jendela panjang dengan gaya kotak sepuluh. Kemudian dibuat pintu besar di sisi selatan dan timur masjid.

Masjid At-Taqwa berada di Jalan Imam Bonjol, lintasan Meulaboh-Banda Aceh. Jarak dari kota Meulaboh sekitar 6 km.


1 komentar: