Kamis, 11 Agustus 2016

Baburrayyan, Masjid Kebanggaan Masyarakat Nagan Raya


masjid baburrayyan, jeuram, nagan raya,
BERKUNJUNG ke Nagan Raya terasa belum lengkap jika belum singgah di Masjid Baburroyyan, Jeuram. Mesjid megah ini merupakan mesjid kebanggaan masyarakat Nagan Raya. Letaknya di pinggir Jalan Nasional pusat kota Jeuram, Kecamatan Seunagan.

Menurut informasi, mesjid persegi empat dengan satu menara ini mulai dibagun tahun 1959 di area perkarangan mencapai 2 hektar. Namun, seiring berlalunya waktu mesjid kebanggaan masyarakat Nagan ini telah mengalami beberapa kali renovasi.
Mesjid dengan kubah hijau tua sekarang dibangun tahun 1987, dengan peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Aceh Barat yang ketika itu dijabat oleh Malik Ridwan Badai SH. Mesjid ini dibangun untuk menggantikan masjid lama yang kontruksinya sudah tidak kokoh.

Arsitektur mesjid baburrayyan didesain persegi empat dengan kontruksi dua lantai, satu kubah, dan satu menara. Luas bangunan mencapai 576 meter atau 32x28 meter dan mampu menampung jamaah sekitar 1.500 orang. Dengan konsep terbuka dan transparan menambah kesejukan bagi jamaah dalam masjid.

masjid baburrayyan, jeuram, nagan raya,
Masjid Baburrayyan di malam hari
Interior mesjid berwarna hijau muda dengan relief kaligrafi disekeliling dinding. Tiang masjid berwarna orange, dengan pangkal tiang warna merah tembaga.

masjid baburrayyan, jeuram, nagan raya,
Teras bagian timur masjid
Kemudian di bagian luar juga nampak koridor penghubung antara masjid dan tempat wudu. Dengan demikian memudahkan para jamaah untuk bersuci sebelum melakukan ibadah.

masjid baburrayyan, jeuram, nagan raya,
Koridor yang menghubungi masjid dengan tempat wudu

Jika  anda berkunjung ke Nagan Raya, jangan lupa singgah di masjid ini ya? selain sebagai sarana ibadah, masjid juga bisa dijadikan objek wisata religi yang menenangkan jiwa dan perasaan. Jadi jangan lupa berkunjung dan ajak kawan-kawan dan kerabat anda. :D



1 komentar: