Rabu, 29 Mei 2013

Obat Demam Panggung

Demam panggung merupakan suatu hal yang sering terjadi bagi penceramah, orang yang berpidato ataupun orang yang menyampaikan sesuatu hal di depan khalayak ramai. Hal itu disebabkan karena kurangnya percaya diri  ataupun adanya rasa takut dari orang yang menyampaikannya.
Nah, bagi Anda yang ingin sukses ketika berdiri di depan, ini ada obatnya. Bukan pil dan bukan pula kapsul. Obat ini diberikan oleh seorang dosen ketika mengasuh mata kuliah Praktikum Dakwah. Diantaranya
yaitu:
  1. Anggaplah diri anda sebagai orang yang paling pandai. Karena apabila menganggap demikian, maka kita akan percaya diri dalam menyampaikan sesuatu hal di depan umum tanpa ragu-ragu dan takut salah.

  2. Pandanglah di jidad para audien. Janganlah sekali-kali anda memandang audien di bola matanya, karena pandangan mereka akan mengalahkan pandangan kita.

  3. Anggaplah audien rumput yang bergoyang. Hal ini akan membuat kita nyaman dan santai dalam berbicara tanpa gemetaran sedikitpun. Semua bahan yang telah kita persiapkan dapat dengan mudah kita melantunkannya tanpa ada sesuatu hal yang terlupakan.

  4. Percaya Diri. Hal ini merupakan kunci kesuksesan saat kita berbicara di depan dan di mana saja, karena dengan percaya diri kita tidak ragu-ragu menyampaikan hal-hal yang perlu disampaikan dengan kata-kata yang mulus, tidak tersendat-sendat.

  5. Bila kaki gemetaran, maka angkatlah sebelah. Tapi jangan sekali-kali mengangkat kaki anda jika tidak ada mimbar atau meja di depan.

Inilah tips sederhana bagi Anda  pemula yang ingin berpidato atau ceramah, semoga anda tidak demam panggung! hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar