Kamis, 01 Mei 2014

Kebun Binatang Mini di Taman Rusa

Patung rusa
Taman Rusa. Kedengarannya memang tak asing lagi bagi warga Banda Aceh dan Aceh Besar. Namun, bagi tamu dari luar kota, tempat ini merupakan salah satu objek wisata alam yang patut dikunjungi. Selain terdapat beberapa ekor rusa, di taman ini juga terdapat kebun binatang mini.

Terletak di Desa Lam Tanjong, Sibreh, Aceh Besar. Sekitar 30 menit perjalanan dari Banda Aceh. Tempat ini terletak di kaki pengunungan Bukit Barisan yang jauh dari deru kendaraan dan kebisingan kota. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung harus membeli karcis 10.000 rupiah untuk orang dewasa pada hari sabtu, minggu dan hari libur, dan lima ribu untuk anak-anak. Sedangkan pada hari kerja, pengunjung cukup membayar 5000 rupiah saja.

Setelah melewati pintu masuk, pengunjung akan kita akan disambut patung rusa yang berdiri di bawah pohon yang rindang. Ikuti petunjuk arah yang ada di sana. Kemudian kita melewati turunan untuk mencapai pondok-pondok yang dibangun berderet di tepi kolam. Jika ingin mengunjungi kolam renang terlebih dulu, maka kita belok ke kiri. Namun, bila ingin ke kebun binatang, kita belok kanan dan ikuti papan petunjuk.

Petunjuk arah

Patung lumba-lumba, arah ke kolam renang
Selain kebun binatang dan kolam renang, kita juga bisa menikmati aneka permainan di kawasan Taman Rusa ini. Seperti kereta api, bebek dayung, ayunan, dan juga memancing. Untuk menikmati permainan ini, kita cukup membayar 10-15 ribu rupiah saja untuk satu jenis permainan.

Jembatan penyeberangan menuju stasiun kereta api
Jika ingin memesan makanan dan minuman, jangan khawatir. Kita cukup telpon saja ke nomor yang tertera di kertas menu makanan yang ditempelkan di setiap pondok. Setelah menunggu beberapa saat, para pelayan akan mengantar pesanan pengunjung ke tempat. Selamat menikmati…:)


Pondok tempat singgah
Sesuai dengan namanya, “Taman Rusa”, di sini memang terdapat beberapa ekor rusa yang dibiarkan lepas di kandang seluas kira-kira 20 meter persegi. Selain itu, di kebun binatang mini juga terdapat beberapa jenis hewan langka yang didatangkan dari berbagai daerah. Baik dari dalam negeri, maupun dari dari luar negeri.

Keluarga rusa sedang istirahat


Memberi makan rusa
Menakjubkan. Dengan mendatangi Taman Rusa, kita dapat melihat aneka satwa langka yang dulunya mungkin kita hanya melihatnya di televisi. Seperti Beruang madu, kura-kura, landak, kasuari, musang, merak, monyet, dan beberapa jenis binatang lainnya, kini dapat melihatnya secara langsung. bahkan kita dapat menikmati berbagai adegan lucu dari setiap binatang tersebut. Selain itu, juga terdapat beberapa jenis burung, seperti elang, bangau, nuri, parkit, dan lain sebagainya.

Beruang madu asal Bengkulu


Iguana/bunglon asal Amerika Selatan

Kura-kura alias baneng (Aceh)

Kasuari asal Papua Barat

Merak asal Seulimum, Aceh
Parkit asal Australia

Parkit

Nuri asal Maluku

 Raja nuri asal Maluku

Burung hantu asal Aceh Besar

Kukang asal Lamno, Aceh

Tupai

Tupai Malla asal Pulo Aceh
Nah, sekian dulu sobat. Semoga kawan-kawan yang datang ke sini dapat menghilangkan beban pikiran dan mendapatkan suasana baru dengan "berkenalan dan beradaptasi" dengan aneka binatang yang ada di taman ini.[]



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus